The Best Spread 728x90ms

+ Reply to Thread
Results 1 to 5 of 5
  1. #1
    oweizmez Guest
    This user has no status.
     
    I am:
    ----
     

    Virus Kawasaki Mengancam Jiwa Anak



    Sindrom Kawasaki atau sindrom kelenjar getah bening Mukokutaneus, Sindrom ini merupakan suatu penyakit non-spesifik, tanpa agen infeksius tertentu. Penyakit ini menyerang penderita pada bagian selaput lendir, kelenjar getah bening, lapisan pembuluh darah dan jantung. Penyebab pasti dari Sindrom Kawasaki hingga saat ini belum diketahui. Namun diperkirakan penyebabnya toksin superr antigen bakteri yang dikeluarkan staphylococcus aureus atau oleh grup A. streptococci, demikian menurut uraian Dr. Susilo, spesialis anak.


    Penyakit ini pertama kali ditemukan di Jepang sekitar tahun 1960-an. Dan, penyakit inipun menyerang anak berumur 2 bulan sampai S tahun dan 2 kali lebih Bering ditemukan pada anak laki-laki, lanjut Susilo. Sekitar 80 persen kasus ditemukan pada balita. Kasus sindrom kawasald terjadi banyak pada musim dingin atau musim semi di beberapa negara. Jepang merupakan negara yang paling banyak ditemukan kasus ini. Puncaknya terjadi pada tahun 1984 - 1985. KLB dilaporkan pemah terjadi pada beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Penyakit ini telah tersebar diseluruh dunia. Namun cara penularan belum diketahui dan belum ada bukti terjadi penularan dari orang ke orang. Bahkan masa inkubasi dan masa penularan virus kawasaki belum diketahui.


    Memang untuk mendiagnosis penderita terserang virus Kawasaki bukanlah perkara mudah, ujar Susilo. Diagnosis baru dapat dilakukan bila terjadi demam yang turun naik dengan suhu tubuh 39 derajat celcius selarna lebih dari 5 hari. Dan, demam tersebut tidak memberikan respon terhadap asetaminofen maupun ibuprofen dalam dosis normal. Gejala lain yang perlu diperhatikan terjadi kerewelan pada anak dan tampak mengantuk. Kadang anak merasakan nyeri dan kram di perut.


    Selain itu terjadi pula ruam kulit di batang tubuh dan di sekeliling daerah yang tertutup popok. Atau dapat pula ruam terjadi di bagian selaput lendir, lapisan inulut clan vagina misalnya. Anak yang terserang penyakit Kawasaki menunjukkan pula gejala seperti bibir merah, kering dan pecah-pecah, lidah merah seperti stroberi, dan tenggorokan merah.


    Dalam beberapa minggu, ada tiga fase perkembangan dari penderita virus kawasaki, yakni fase demam akut berlangsung kira kira 10 hari yang ditandai dengan demam tinggi, kelainan kulit yang muncul secara cepat dan mendadak sebagai akibat dari penyakit, pembengkakan kelenjar, kulit merah karena terjadi pelebaran pembuluh darah. Setelah fase akut, terjadi fase subakut yang berlabgsung kira-kira dua minggu ditandai dengan demam, trombositosis, pengelupasan sisik-sisik lapisan tanduk epidermis (desquamasi), dan mulai menurunnya demam. Sedangkan fase berikutnya adalah fase konvalesen yang panjang ditandai dengan menghilangnya gejala klinis.


    Komplikasi Jantung
    Sebenarnya, jika gejala awal cepat diketahui maka penanganan penyakit akan cepat dilakukan. Yang justru dikhawatirkan dengan penyakit kawasaki ini jika terjadi komplikasi.


    Sebab, sekitar 5-20 persen penderita mengalami komplikasi jantung, yang biasanya timbal pada minggu ke 2-4. Jika tidak terjadi komplikasi jantung, biasanya akan terjadi pemulihan sempurna. Sekitar 1-2% penderita meninggal, biasanya akibat komplikasi jantung; 50% diantaranya meninggal pada bulan pertama, 75% meninggal pada bulan kedua, 95 % meninggal pada bulan keenam. Tetapi kematian bisa terjadi 10 tahun kemudian dan kadang secara tiba-tiba.


    Komplikasi bisa berupa peradangan adangan arteri koroner yakni arteri yang membawa darah ke jantung, pelebaran bagian dari arteri koroner (aneurisma), peradangan kantung jantung (perikarditis), peradangan otot jantung (Miokarditis akut, gagal jantung, dan kematian otot jantung (infark miokard). Penyakit sindrom kawasaki selain komplikasi dengan jantung, dapat pula terjadi komplikasi lainnya, seperti ruam yang tidak biasa, nyeri atau peradangan sendi (terutama sendi-sendi yang kecil), peradangan non-infeksius pada selaput otak (meningitis aseptik), peradangan kandung empedu, dan diare.


    Pengobatan yang Tepat
    Karena sindrom kawasaki tidak diketahui penyebabnya secara pasti, jadi tidak ada cara untuk pencegahan. Yang terpenting untuk Anda adalah segera menghubungi dokter bila anak Anda terserang demam tinggi. Demam tersebut apakah dengan gejala atau tanpa gejala dari sindrom kawasaki. Dengan pemeriksaan segera dokter dapat mengetahui segera sebab-sebab dari demam.


    Dan, bila buah hati Anda dinyatakan terserang virus kawasaki, maka pihak medis akan segera memberikan pengobatan. Pengobatan dini secara berarti dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada arteri koroner dan mempercepat pemulihan demam, ruam dan rasa tidak nyaman. Selama 14 hari diberikan immunoglobulin dosis tinggi melalui infus dan aspirin dosis tinggi melalui mulut. Setelah demam turun, biasanya aspirin dalam dosis yang lebih rendah diberikan selama beberapa bulan untuk mengurangi risiko kerusakan arteri koroner dan pembentukan bekuan darah.
    Pemeriksaan EKG akan dilakukan beberapa kali untuk mendeteksi adanya komlikasi jantung. Aneurisma yang besar diobati dengan aspirin dan obat anti pembekuan (misalnya warfarin). Aneurisma yang kecil cukup diatasi dengan aspirin. Jika anak menderita influenza atau cacar air, untuk mengurangi resiko terjadinya sindroma Reye, sebaiknya untuk sementara waktu diberikan dipiridamol, bukan aspirin.


    Waspadai Gejala Berikut
    Demam yang turun-naik, tetapi biasanya diatas 39° Celsius, sifatnya menetap (lebih dari 5 hari) dan tidak memberikan respon terhadap asetaminofen maupun ibuprofen dalam dosis normal
    Rewel, tampak mengantuk
    Kadang timbul nyeri kram perut
    Ruam kulit di batang tubuh dan di sekeliling daerah yang tertutup popok
    Ruam pada selaput lendir (misalnya lapisan mulut dan vagina)
    Tenggorokan tampak merah
    Bibir merah, kering dan pecah-pecah
    Lidah tampak merah (strawberry-red tongue),
    Kedua mata menjadi merah, tanpa disertai keluarnya kotoran.
    Telapak tangan dan telapak kaki tampak merah, tangan dan
    kaki membengkak
    Kulit pada jari tangan dan jari kaki mengelupas (pada hari ke
    10-20)
    Pembengkakan kelenjar getah bening leher
    Nyeri persendian (atralgia) dan pembengkakan, seringkali simetris (pada sisi tubuh kiri dan kanan).


    Pemeriksaan Medis
    Ada beberapa pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk penderita sindrom kawasaki, yakni:
    EKG. yang bisa menunjukkan tandatanda dari miokarditis, perikarditis, artritis, meningitis aseptik atau vaskulitis koroner,
    Hitung darah lengkap, yang menunjukkan peningkatan jumlah sel darah, putih dan anemia (berkurangnya jumlah sel darah merah); pemeriksaan darah berikutnya menunjukkan peningkatan jumlah trombosit,
    Rontgen dada,
    Analisa air kemih yang bisa menunjukkan adanya nanah atau protein dalam air kemih.
    Penanganan Penderita
    Bila ada kasus dilaporkan ke instansi kesehatan dengan segera.
    Isolasi tidak dilakukan.
    Tidak diperlukan desinfeksi serentak.
    Tidak perlu karantina.
    Imunisasi dengan kontak tidak dilakukan.
    Investigasi dilakukan jika terjadi KLB untuk mengetahui etiologi dan faktor risiko.


  2. FXOpen 468x60ms

  3. #2
    kimmy_ky Guest
    This user has no status.
     
    I am:
    ----
     
    wahh..concern gak ko kan owei..thanks..aku baru tgh nk buar search pasal penyakit nie..anyway..benda ni patut kita sesam share terutama yg dah ada anak tu..pasal setiap penyakit bayi/kanak2 bermula dengan demam..jgn biarkan anak tanpa rawatan selanjutnya jika anak demam lebih dari 3 hari...

    mcm aku, biasanya anak aku klu demam paling kuat pun 2 hari jerr..hari pertama aku dh tahu dia demam aku terus bawa pegi klinik...kali ni aku dh bawak 2 tmpt klinik berlainan, anak aku still demam malah makin teruk..so, nasib baik kitorg husband n wife cpt2 bwk pegi hospital..then..see..bukan demam biasa..tp sebenarnya salah aku jugak sbb setiap antibiotik (masa demam) aku x habiskan ikut kata doctor..bila dah jadi..menyesal pun x guna...

    kawasaki disease ni klu sampai dh masuk hospital biasanya pihak hospital akan letakkan di wad yg dikhaskan..then pakar bahagian jantung juga akan turut pantau..



  4. #3
    ArericH's Avatar
    ArericH is offline True Ehoza's Supporter
    is kawen tu ape?
     
    I am:
    Shy
     
    ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute ArericH has a reputation beyond repute
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    bilik tv
    Posts
    13,741
    Points
    2,145.81
    Thanks
    103
    Thanked 309 Times in 240 Posts
    Credits

    $ 1
    Rep Power
    250320
    aduh.... Indonesia lak bhsanya....
    Suatu Kenangan™
    ~You're a princess, one day you'll be a queen.. You must be strong if you want to be a queen~ArericH.K
    ~patah tumbuh hilang berganti memanjang...~bul4t



  5. #4
    kimmy_ky Guest
    This user has no status.
     
    I am:
    ----
     
    indon pun indon lah asalkan maklumat & ilmu tu sampai kat kita nie..



  6. #5
    faza's Avatar
    faza is offline Super Senior Member
    is sdg angau Kim So Eun
     
    I am:
    Cool
     
    faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute faza has a reputation beyond repute
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Terengganu
    Age
    32
    Posts
    671
    Points
    867.21
    Thanks
    5
    Thanked 21 Times in 16 Posts
    Credits

    $ 1
    Rep Power
    150792
    ingat demam motor kawasaki tadi...


  7. pamm 468x60-en

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

     

Similar Threads

  1. Motosikal kawasaki kxr untuk dijual!!
    By zamreda in forum Jokes, Pranks
    Replies: 26
    Last Post: 16-05-2009, 02:09 AM
  2. Apakah Penyakit Kawasaki?
    By headpux in forum Info & Pengetahuan Am
    Replies: 4
    Last Post: 09-03-2009, 02:37 AM
  3. virus misteri serang rumah anak yatim !!!!
    By XVIEW in forum Isu Semasa 2008
    Replies: 3
    Last Post: 23-08-2008, 01:10 PM

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
Premium Ads
TenkoFX Crypto

Paid Ads

Moneybookers 180x60

FXOpen 125x125









Ehoza Ads
Ehoza Ads